Siapa Sebenarnya Sir Elton John?

Pada tahun1997,dunia begitu gempar dengan kematian Princess Lady Diana.Terlebih lagi jutaan rakyat negeri Britania Raya.Banyak yang memberikan bela sungkawa dengan berbagai momentum.Salah satunya adalah Sir Elton John,seorang musisi kenamaan asal Britania Raya ini  mempersembahkan sebuah lagu "Candle In The Wind 1997" yang diabadikan khusus buat Sang Lady dalam upacara pelepasan Jenazah di Wesminster Abey.
Siapa Sebenarnya Sir Elton John?
Sebenarnya nama Elton John sendiri merupakan sebuah gelar panggung buat musisi yang lahir pada tanggal 25 maret 1947 ini. Nama aslinya sebenarnya adalah Reginald Kenneth Dwight.Ayahnya yang seornang letnan penerbang awalnya menginginkan dirinya menuju karir yang konvensional seperti perbankan.Namun berbekal bakat yang diwarisi dari sang ayah yang juga piawai dalam memainkan alat musik,akhirnya Elton lebih memilih karirnya di dunia musik.

Menjadi Pianis dan Penulis Lagu di Usia Muda
John mulai memainkan piano sejak usianya 3 tahun dan belajar secara formal ketika usianya menginjak 7 tahun.John dikenal sebagai siswa yang memiliki talenta yang luar biasa dalam memainkan piano dan menulis lagu di usianya yang masih belia.Reginal Dwight(Elton John) memperoleh biasiswa junior untuk Royal Akademy of Music ketika dia berusia 11 tahun.
Berkat bantuan sang ibu,akhirnya dia berhasil menjadi pianis di sebuah pub dengan bayaran sekitar  £ 35 dalam seminggu.



Lahirnya Nama Elton John Bersama dengan teman-temannya Dwight membentuk sebuah band "Bluesology" di tahun 1964. Mereka pernah bergabung dalam tour beberapa musisi soul dan R & B dari amerika seperti The Isley Brothers, Mayor Lance, Billy Stewart, Doris Troy dan Patti LaBelle dan The Bluebelles.

Setelah grup band Bluesology bubar tahun 1968, Dwight melakukan mitra kerja dengan penulis lagu terkenal Bernie Taupin.Karya pertama buah kerja mereka adalah lagu "I've Been Lovin You". Mereka telah menulis banyak lagu untuk beberapa artis seperti Roger Cook dan Lulu.Selain itu juga dinyanyikan oleh Dwight sendiri.Dari sinilah nama Elton John mulai di kenal di panggung-panggung musik.Nama tersebut merupakan penggalan nama dari 2 orang Saxaponist dalam grup Bluesology yakni Elton Dean  dan Long John Baldry yang didedikasikan menjadi nama panggungnya hingga saat ini.

Awal Karir sebagai Elton John
Atas saran Steve Brown,Elton John mulai meniti karir sebagai solo artis setelah dirinya dan Taupin bersama sama menggarap single perdananya yang bertajuk "I've Been Loving You"(1968). Lalu berturut turut lahir single "Lady Samantha"(1969)dan sebuah album "Empty Sky".Nama Elton John pertama meroket setelah penggarapan album ke-duanya yang berjudul "gospel-chorded rockers and poignant ballads".Single pertama di album ini yakni Border Song menduduki posisi pada tangga lagu Top 100 US. Sementara single yang mendongrak nama Elton John menjadi sangat populer di industri musik untuk pertama kalinya adalah lewat single "Your Song" yang bertengger di posisi 8 Top Ten US dan urutan ke 4 di Tangga musik untuk Album Billboard 200.

Album Hits Elton John Sepanjang Sejarah :
1. Album Studio
2. Album Sountrack
  • Friends (1971)
  • The Lion King (1994)
  • Aida (1998)
  • The Muse (1999)
  • The Road to El Dorado (soundtrack) (2000)
  • Billy Elliot (2005)
  • Lestat (2005)
Serta beberapa lagu yang sangat populer telah Elton nyanyikan antara lain seperti "Something about the Way You Look Tonight","Pinball Wizard' yang diproduksi pada 1975,"Nikita" tahun 1985, "Sacrifice","Rocket Man","Crocodile Rock","Don't Let The Sun,Go Down on Me" dan masih banyak lagi lagu-lagu yang ia nyanyikan juga bersama artis penyanyi terkenal seperti Kiki Dee,George Michael,John Lennon dll.



Selama empat dekade dalam karirnya bermusik,John telah menjual lebih dari 250 juta rekaman, sehingga menjadikannya sebagai salah satu seniman yang paling sukses sepanjang masa.Tahun 1994 merupan tahun penobatan bagi Elton John sebagai "The Rock and Roll Hall of Fame". Dan pada tahun 1998, Ratu Elisabeth II memberikannya kehormatan sebuah gelar ksatria "Sir" atas dedikasinya dalam layanan musik dan Jasa Amal





sumber media : wikipedia